######TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA#######

PROGRAM KESISWAAN

I.                   PENDAHULUAN

Madrasah merupakan tempat/wahana pembentukan kepribadian siswa secara utuh. Disamping transfer ilmu pengetahuan dari guru kepada siswa, juga pembentukan mental kepribadian yang baik seperti disiratkan dalam tujuan pendidikan nasional yaitu terbentuknya manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Melihat dari hal tersebut sudah barang tentu, kemampuan yang dimiliki siswa di luar akademik sedapat mungkin  dikembangkan oleh Madrasah melalui kegiatan IPNU/IPPNU beserta ekstra kurikulernya.

 Di dalam pelaksanaannya kegiatan IPNU/IPPNU  dengan ekstra kurikulernya memerlukan pengorganisasian dan pembinaan secara khusus, sebagai wujud pengembangan kepribadian serta kemampuan siswa, disamping itu pula merupakan bagian dari pendidikan akhlak mulia.

 

II.        PROGRAM KEGIATAN

Kegiatan yang akan dilaksanakan oleh kesiswaan selama satu tahun ke depan adalah :

1.      PENERIMAAN SISWA BARU

Kegiatan Penerimaan Siswa Baru dilaksanakan pada setiap sebelum dimulainya tahun ajaran baru. Kegiatan ini akan dilaksanakan berdasarkan kepada peraturan pemerintah yang telah ditetapkan setiap tahun.

2.       MELAKSANAKAN KEGIATAN MOPD

MOPD (Masa Orientasi Pendidikan Dasar ) merupakan masa-masa pengenalan Lingkungan bagi siswa baru yang telah diterima. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.  

 3.  ORGANISASI

 A.  IPNU/IPPNU

1.   Mengokohkan eksistensi IPNU/IPPNU  di hadapan seluruh siswa sebagai motor penggerak dan fasilitator kegiatan siswa secara   keseluruhan

2.   Meningkatkan kemampuan managerial IPNU/IPPNU  secara mandiri dalam menyelenggarakan setiap kegiatan di Madrasah.

3.   Membantu membentuk pribadi pemimpin pada diri anggota IPNU/IPPNU

4.   Mendorong siswa untuk berusaha memahami sikap demokratis

5.   Membantu siswa untuk belajar mampu menerima kekurangan orang lain.

6.   Memberikan pengalaman bagi siswa mengenai mekanisme kerja organisasi.

7.   Memberikan pengertian bahwa IPNU/IPPNU  merupakan wadah dan Induk serta evaluator bagi pengembangan ekstra kurikuler.

8.   Upaya untuk mencapai hal tersebut maka harus dilaksanakan :

1.      Mengadakan pemilihan calon anggota IPNU/IPPNU  secara selektip melalui Beberapa tahap wawancara, diklat yaitu diklat.

 2.      Mengadakan simulasi mini event secara mandiri dengan diberi durasi waktu persiapan selama 2 minggu sebagai uji coba dari diklat yang telah dilaksanakan.

3.      Melaksanakan kegiatan Latihan dasar kepemimpinan siswa dengan Penekanan materi kepada ke IPNU/IPPNU  san, Management kegiatan, kepemimpinan serta manajemen keuangan dan budi pekerti.

 4.      Mengadakan event dengan tingkat kesulitan lebih tinggi dari sebelumnya sebagai uji coba dari hasil yang telah dicapai.

                                                   5.      Penyusunan Program kerja dan pelaporan pertanggung jawaban

 6.      Mengadakan kunjungan studi banding terhadap IPNU/IPPNU  di Madrasah lain

7.      Selalu melaksanakan pertemuan sebagai evaluasi kegiatan rutin dilaksanakan minimal tiga bulan sekali.

8.      Mendorong IPNU/IPPNU  agar selalu menjadi pelopor bagi terlaksananya program Madrasah di kalangan siswa.

                                                   9.      Membentuk Pribadi siswa IPNU/IPPNU  yang selalu menjadi inisiator tindakan yang baik di lingkungan Madrasah khususnya.

                                               10.      Melaksanakan kegiatan riil sebagai pembelajaran Organisasi seperti:

a.    Peringatan hari Proklamasi

b.   Peringatan Isro Mi’raj

c.    Maulid Nabi Muhammad Saw

d.   Porseni

e.    Kegiatan Pesantren kilat

f.    Membantu pelaksanaan kegiatan MOS

g.   Melaksanakan Razia

h.   Melaksanakan lomba kebersihan

i.     Melaksanakan Upacara bendera setiap hari senin

j.     Melaksanakan kegiatan bakti social

k.   Melaksanakan kegiatan pengajian bagi umat muslim.

l.     Mengikuti berbagai perlombaan antar Madrasah.

m.  Melaksanakan kegiatan Iedul Adha

n.     Menjadi bagian yang terintegrasi dari organisasi Madrasah.

B.     Ekstra Kurikuler

 1. Mengokohkan eksistensi ekskul sebagai wadah pembentukan dan pengembangan bakat dan potensi siswa di luar akademik.

2. Menjadikan Ekskul disamping sebagai wadah bagi perintisan prestasi siswa khususnya, juga sebagai wadah pengembangan kepribadian seperti kepercayaan diri.

3. Menjadikan ekskul sebagai salah satu sumber raihan prestasi sekolah minimal ditingkat kota.

Untuk mencapai hal tersebut upaya yang akan dilakukan adalah :

1.    Melakukan promosi Ekskul kepada seluruh siswa

2.    Mengadakan rekruitmen untuk anggota baru serta mengadakan seleksi.

3.    Melakukan wawancara khusus bagi siswa yang akan memilih dua ekskul, agar tidak mengganggu Madrasah, dan demi tercapainya prestasi ekskul yang maksimal.

4.   Melaksanakan pembuatan program kegiatan

5.   Melaksanakan Rapat Laporan Pertanggung Jawaban.

6.   Mengadakan pembinaan latihan 2 kali seminggu.

7.   Mengadakan pertandingan persahabatan dengan Madrasah lain.

8.   Mengikuti event-event pertandingan.

9.   Melaksanakan pembinaan dan peningkatan motivasi, baik secara organisasi maupun personal.

  4.  KEDISIPLINAN

A.    DISIPLIN SISWA

1. Meminimalisir kesiangan

2. Meminimalisir ketidakhadiran

3. Membentuk keseragaman pada kerapihan berpakaian, rambut  dan lain-lain.

4. Membentuk siswa yang selalu siap melaksanakan tugas-tugas Madrasah dengan baik.

Untuk mencapai  hal tersebut maka dilakukan upaya sebagai berikut :

1.       Memberlakukan peraturan yaitu, bila siswa memasuki kelas melewati pukul 07.00, maka siswa tidak boleh masuk ke dalam kelas tetapi harus menunggu mengerjakan tugas yang telah disediakan guru yang mengajar pada jam pertama, materinya adalah yang sedang diajarkan. Siswa tersebut boleh masuk ke dalam kelas pada jam berikutnya pada mata pelajaran yang berbeda.

2.       Siswa yang kesiangan akan didata, apabila melebihi 3 kali kesiangan maka akan dipanggil orang tua, untuk memecahkannya dengan cara melaksanakan wajib lapor tidak kesiangan selama satu minggu sebagai pembelajaran dan latihan.

3.       Siswa yang tidak hadir tanpa keterangan 2 kali, akan diserahkan kepada wali kelas untuk dibina. Bila tidak berubah dan sampai 3 kali, maka akan dipanggil orang tuannya untuk musyawaran memecahkan masalah tersebut, dengan cara melaksanakan wajib lapor tidak kesiangan selama 2 minggu

5.       Melaksanakan ketentuan wajib bagi guru yang mengajar pada jam pertama untuk membuat tugas untuk siswa kesiangan yang telah dititipkan kepada piket.

6.       Mengadakan koordinasi dengan para guru dan wali kelas untuk selalu mengawasi dan mengarahkan anak didiknya, dalam disiplin, baik kehadiran, berpakaian, berprilaku, rambut selalu pendek dan rapih, pelaksanaan tugas-tugas mata pelajaran dll.

7.     Mengadakan razia atas pakaian, atribut, rambut serta barang-barang lain yang tidak perlu dibawa ke Madrasah dan barang-barang berbahaya.

8.     Membuat tata tertib siswa, denngan sosialisasi dilakukan oleh wali kelas.

B.     KEBERSIHAN LINGKUNGAN

1.      Menjadikan seluruh kelas yang bersih, nyaman.

2.      Menjadikan lingkungan bersih di luar kelas

Untuk mencapai hal tersebut maka dilakukan upaya sebagai berikut :

1.       Memberlakukan wajib kunci bagi semua kelas secara mandiri sepulang Madrasah. Hal ini dilakukan agar kelas tidak digunakan sewenang-wenang oleh siswa tidak bertanggung jawab, seperti dipakai mojok, curat coret, membuang sampah sembarangan dll.

2.       Koordinasi dengan wali kelas agar piket wajib selalu dilaksanakan sepulang Madrasah, dan yang tidak melaksanakan piket akan dikenakan teguran oleh wali kelas.

3.       Selalu diumumkan kelas paling bersih dan kelas paling kotor

4.       Selalu mengkampanyekan kebersihan baik melalui setiap guru, wali kelas, maupun slogan-slogan.

5.         PRESTASI AKADEMIK

1. Mencapai prestasi terbaik/unggul dalam setiap olympiade mata pelajaran yang diselenggarakan dinas pendidikan

2. Memperoleh juara pada setiap event cerdas cermat yang diselenggarakan perguruan tinggi, ataupun lomba yang lainnya yang berkaitan dengan mata pelajaran.

3. Meningkatkan Pengetahuan / wawasan siswa di luar kelas sebagai Pengembangan dari teori pelajaran di kelas.

Upaya yang dilakukan untuk mencapai hal tersebut adalah :

1.      Membentuk kelas unggulan dan memberikan pelajaran tambahan

2.      Membentuk kegiatan club bidang studi dan mengadakan pembinaannya.   

3.      Mengadakan kerja sama dengan wali kelas untuk mengadakan pembinaan baik secara klasikan maupun personal, dalam pemecahan Masalah motivasi belajar.

4.      Menyelenggarakan Karyawisata ke objek sejarah serta mengadakan Penelitian sederhana ke perusahaan dengan dituangkan dalam bentuk laporan karya tulis.

 

 6.         KEAGAMAAN

1. Membentuk suasana agamis di lingkungan Madrasah dalam bentuk sikap saling menghargai antara murid dengan guru.

2. Membentuk suasana/iklim yang tenang dalam kegiatan Madrasah sehari-hari

Upaya untuk mencapai hal tersebut dilakukan dengan :

1.       Membiasakan ucapan salam baik dari murid kepada guru ataupun sebaliknya

2.       Menyalakan pengajian Al-quran setiap pagi melalui speaker kelas dari jam 06.30 s/d 07.00

3.       Membiasakan siswa untuk berdo’ dan membaca asmaul husna serta membaca juz ‘ama pada setiap hari.

4.       Membiasakan siswa untuk melaksanakan Sholat Duha berjamaah setiap hari

5.      Menyisipkan pesan kepada setiap guru agar disampaikan pesan-pesan moral dalam setiap mengajar.

7.         ADMINISTRASI KESISWAAN

Untuk menunjang kelancaran kegiatan kesiswaan, perlu dilengkapi administrasi kesiswaan sebagai berikut :

1.       Rekapitulasi Absen siswa Kesiangan, Izin dan sakit

2.       Daftar siswa mutasi

3.       Daftar siswa pindah ke luar

4.       Daftar Prestasi ekskul

5.       Daftar ranking siswa

6.       Daftar keadaan siswa / Keluar dan masuk siswa

7.       Progran kerja kesiswaan

8.       Program kerja IPNU/IPPNU

9.       LPJ IPNU/IPPNU

10.   Program kerja Ekskul

11.   Buku Konseling siswa

12.   Jadwal latihan ekskul

13.   Daftar hadir peserta ekskul

14.   Administrasi keuangan ekskul

15.   Daftar penerima beasiswa

16.   Surat Dispensasi

17.   Surat pengantar siswa mengikuti suatu kegiatan di luar Madrasah

18.   Surat tugas kepada guru yang membimbing siswa ke luar Madrasah

19.   Daftar siswa yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi

20.   Mengadakan kerja sama dengan pihak luar, Masyarakat/perusahaan.

21.   Foto-foto kegiatan kesiswaan

22.   Proposal-proposal kegiatan siswa.

23.   Daftar Alumni

24.   LPJ Ekskul

25.   Program MOPD

26.   Program Karyawisata

27.   Daftar Siswa Tidak Naik

28.   Tata tertib siswa

29.   Surat-surat Undangan dari luar

30.   Program PSB

31.   Surat-surat panggilan siswa

32.   Daftar Nama siswa

33.   Perjanjian siswa

 

 III.            PENUTUP

Berbagai macam yang berkenaan dengan kesiswaan sangat banyak dan bervariasi dari mulai permasalahan siswa hingga peningkatan kualitas pengembangan diri. Hal tersebut sudah barang tentu memerlukan pemikiran dan ide kreatif serta kesungguhan yang didasarkan kepada program atau rencana yang matang. Semoga program yang telah disusun ini akan menjadi acuan atau pegangan dalam menangani berbagai macam hal berkenaan dengan peningkatan kualitas siswa , sehingga akan terbentuk siswa yang cerdas dilandasi dengan budi pekerti luhur serta iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

Google Akun
Email:
Sandi:
Anda lupa sandi?

Total Pageviews