I.
PENDAHULUAN
Madrasah merupakan tempat/wahana
pembentukan kepribadian siswa secara utuh. Disamping transfer ilmu pengetahuan dari guru kepada siswa, juga
pembentukan mental kepribadian yang baik seperti disiratkan dalam tujuan
pendidikan nasional yaitu terbentuknya manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa. Melihat dari hal tersebut sudah barang tentu, kemampuan yang dimiliki
siswa di luar akademik sedapat mungkin dikembangkan oleh Madrasah melalui
kegiatan IPNU/IPPNU beserta ekstra kurikulernya.
Di dalam pelaksanaannya kegiatan IPNU/IPPNU dengan ekstra kurikulernya memerlukan
pengorganisasian dan pembinaan secara khusus, sebagai wujud pengembangan
kepribadian serta kemampuan siswa, disamping itu pula merupakan bagian dari
pendidikan akhlak mulia.
II. PROGRAM
KEGIATAN
Kegiatan yang akan dilaksanakan oleh kesiswaan selama satu tahun ke depan adalah :
1.
PENERIMAAN SISWA BARU
Kegiatan Penerimaan Siswa Baru
dilaksanakan pada setiap sebelum dimulainya tahun ajaran baru. Kegiatan ini akan
dilaksanakan berdasarkan kepada peraturan pemerintah yang telah ditetapkan
setiap tahun.
2.
MELAKSANAKAN KEGIATAN MOPD
MOPD (Masa Orientasi Pendidikan Dasar ) merupakan masa-masa pengenalan Lingkungan
bagi siswa baru yang telah diterima. Kegiatan ini
dilaksanakan berdasarkan berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan oleh
pemerintah.
3. ORGANISASI
A. IPNU/IPPNU
1. Mengokohkan
eksistensi IPNU/IPPNU di hadapan seluruh siswa sebagai motor
penggerak dan fasilitator kegiatan siswa secara keseluruhan
2. Meningkatkan
kemampuan managerial IPNU/IPPNU secara mandiri dalam menyelenggarakan
setiap kegiatan di Madrasah.
3. Membantu
membentuk pribadi pemimpin pada diri anggota IPNU/IPPNU
4. Mendorong siswa
untuk berusaha memahami sikap demokratis
5. Membantu siswa
untuk belajar mampu menerima kekurangan orang lain.
6. Memberikan
pengalaman bagi siswa mengenai mekanisme kerja organisasi.
7. Memberikan
pengertian bahwa IPNU/IPPNU merupakan wadah dan Induk serta
evaluator bagi pengembangan ekstra kurikuler.
8. Upaya untuk
mencapai hal tersebut maka harus dilaksanakan :
1. Mengadakan
pemilihan calon anggota IPNU/IPPNU secara selektip melalui Beberapa tahap
wawancara, diklat yaitu diklat.
2. Mengadakan
simulasi mini event secara mandiri dengan diberi durasi waktu persiapan selama
2 minggu sebagai uji coba dari diklat yang telah dilaksanakan.
3. Melaksanakan
kegiatan Latihan dasar kepemimpinan siswa dengan Penekanan materi kepada ke IPNU/IPPNU san, Management
kegiatan, kepemimpinan serta manajemen keuangan dan budi pekerti.
4. Mengadakan
event dengan tingkat kesulitan lebih tinggi dari sebelumnya sebagai uji coba
dari hasil yang telah dicapai.
5. Penyusunan
Program kerja dan pelaporan pertanggung jawaban
6. Mengadakan
kunjungan studi banding terhadap IPNU/IPPNU di Madrasah lain
7. Selalu
melaksanakan pertemuan sebagai evaluasi kegiatan rutin dilaksanakan minimal tiga
bulan sekali.
8. Mendorong
IPNU/IPPNU agar
selalu menjadi pelopor bagi terlaksananya program Madrasah di kalangan siswa.
9. Membentuk
Pribadi siswa IPNU/IPPNU yang selalu menjadi inisiator tindakan yang
baik di lingkungan Madrasah khususnya.
10. Melaksanakan
kegiatan riil sebagai pembelajaran Organisasi seperti:
a. Peringatan
hari Proklamasi
b. Peringatan Isro
Mi’raj
c. Maulid Nabi
Muhammad Saw
d. Porseni
e. Kegiatan
Pesantren kilat
f. Membantu
pelaksanaan kegiatan MOS
g. Melaksanakan
Razia
h. Melaksanakan
lomba kebersihan
i. Melaksanakan
Upacara bendera setiap hari senin
j. Melaksanakan
kegiatan bakti social
k. Melaksanakan
kegiatan pengajian bagi umat muslim.
l. Mengikuti
berbagai perlombaan antar Madrasah.
m. Melaksanakan
kegiatan Iedul Adha
n. Menjadi
bagian yang terintegrasi dari organisasi Madrasah.
B. Ekstra
Kurikuler
1. Mengokohkan eksistensi
ekskul sebagai wadah pembentukan dan pengembangan bakat dan potensi siswa di
luar akademik.
2. Menjadikan Ekskul disamping sebagai
wadah bagi perintisan prestasi siswa khususnya, juga sebagai wadah pengembangan
kepribadian seperti kepercayaan diri.
3. Menjadikan ekskul sebagai salah
satu sumber raihan prestasi sekolah minimal ditingkat kota.
Untuk mencapai hal tersebut upaya yang
akan dilakukan adalah :
1. Melakukan
promosi Ekskul kepada seluruh siswa
2. Mengadakan
rekruitmen untuk anggota baru serta mengadakan seleksi.
3. Melakukan
wawancara khusus bagi siswa yang akan memilih dua
ekskul, agar tidak mengganggu Madrasah, dan demi tercapainya prestasi ekskul
yang maksimal.
4. Melaksanakan
pembuatan program kegiatan
5. Melaksanakan
Rapat Laporan Pertanggung Jawaban.
6. Mengadakan
pembinaan latihan 2 kali seminggu.
7. Mengadakan
pertandingan persahabatan dengan Madrasah lain.
8. Mengikuti
event-event pertandingan.
9. Melaksanakan
pembinaan dan peningkatan motivasi, baik secara organisasi maupun personal.
4. KEDISIPLINAN
A. DISIPLIN SISWA
1. Meminimalisir kesiangan
2. Meminimalisir ketidakhadiran
3. Membentuk keseragaman pada
kerapihan berpakaian, rambut dan lain-lain.
4. Membentuk siswa
yang selalu siap melaksanakan tugas-tugas Madrasah dengan baik.
Untuk mencapai
hal tersebut maka dilakukan upaya sebagai berikut :
1. Memberlakukan
peraturan yaitu, bila siswa memasuki kelas melewati pukul 07.00, maka siswa
tidak boleh masuk ke dalam kelas tetapi harus menunggu mengerjakan tugas yang
telah disediakan guru yang mengajar pada jam pertama, materinya adalah yang
sedang diajarkan. Siswa tersebut boleh masuk ke dalam kelas pada jam berikutnya
pada mata pelajaran yang berbeda.
2. Siswa
yang kesiangan akan didata, apabila melebihi 3 kali
kesiangan maka akan dipanggil orang tua, untuk memecahkannya dengan cara
melaksanakan wajib lapor tidak kesiangan selama satu minggu sebagai
pembelajaran dan latihan.
3. Siswa
yang tidak hadir tanpa keterangan 2 kali, akan
diserahkan kepada wali kelas untuk dibina. Bila tidak berubah dan sampai 3
kali, maka akan dipanggil orang tuannya untuk
musyawaran memecahkan masalah tersebut, dengan cara melaksanakan wajib lapor
tidak kesiangan selama 2 minggu
5. Melaksanakan
ketentuan wajib bagi guru yang mengajar pada jam pertama untuk membuat tugas
untuk siswa kesiangan yang telah dititipkan kepada piket.
6. Mengadakan
koordinasi dengan para guru dan wali kelas untuk selalu mengawasi dan
mengarahkan anak didiknya, dalam disiplin, baik kehadiran, berpakaian,
berprilaku, rambut selalu pendek dan rapih, pelaksanaan tugas-tugas mata
pelajaran dll.
7. Mengadakan
razia atas pakaian, atribut, rambut serta barang-barang lain yang tidak perlu
dibawa ke Madrasah dan barang-barang berbahaya.
8. Membuat
tata tertib siswa, denngan sosialisasi dilakukan oleh wali kelas.
B. KEBERSIHAN LINGKUNGAN
1. Menjadikan
seluruh kelas yang bersih, nyaman.
2. Menjadikan
lingkungan bersih di luar kelas
Untuk mencapai hal tersebut maka
dilakukan upaya sebagai berikut :
1. Memberlakukan
wajib kunci bagi semua kelas secara mandiri sepulang Madrasah. Hal ini dilakukan
agar kelas tidak digunakan sewenang-wenang oleh siswa tidak bertanggung jawab,
seperti dipakai mojok, curat coret, membuang sampah sembarangan dll.
2. Koordinasi
dengan wali kelas agar piket wajib selalu dilaksanakan sepulang Madrasah, dan yang
tidak melaksanakan piket akan dikenakan teguran oleh
wali kelas.
3. Selalu
diumumkan kelas paling bersih dan kelas paling kotor
4. Selalu
mengkampanyekan kebersihan baik melalui setiap guru, wali kelas, maupun
slogan-slogan.
5. PRESTASI AKADEMIK
1. Mencapai prestasi
terbaik/unggul dalam setiap olympiade mata pelajaran yang diselenggarakan dinas pendidikan
2. Memperoleh juara
pada setiap event cerdas cermat yang diselenggarakan perguruan tinggi, ataupun
lomba yang lainnya yang berkaitan dengan mata pelajaran.
3. Meningkatkan Pengetahuan / wawasan siswa di luar kelas sebagai
Pengembangan dari teori pelajaran di kelas.
Upaya yang dilakukan untuk mencapai
hal tersebut adalah :
1. Membentuk
kelas unggulan dan memberikan pelajaran tambahan
2. Membentuk
kegiatan club bidang studi dan mengadakan pembinaannya.
3. Mengadakan
kerja sama dengan wali kelas untuk mengadakan
pembinaan baik secara klasikan maupun personal, dalam pemecahan Masalah motivasi
belajar.
4. Menyelenggarakan Karyawisata ke
objek sejarah serta mengadakan Penelitian sederhana ke perusahaan dengan
dituangkan dalam bentuk laporan karya tulis.
6. KEAGAMAAN
1. Membentuk suasana
agamis di lingkungan Madrasah dalam bentuk sikap saling menghargai antara murid
dengan guru.
2. Membentuk
suasana/iklim yang tenang dalam kegiatan Madrasah sehari-hari
Upaya untuk mencapai hal tersebut
dilakukan dengan :
1. Membiasakan
ucapan salam baik dari murid kepada guru ataupun
sebaliknya
2. Menyalakan
pengajian Al-quran setiap pagi melalui speaker kelas dari jam 06.30 s/d 07.00
3. Membiasakan siswa untuk berdo’
dan membaca asmaul husna serta membaca juz ‘ama pada setiap hari.
4. Membiasakan
siswa untuk melaksanakan Sholat Duha berjamaah setiap hari
5. Menyisipkan pesan kepada setiap guru agar
disampaikan pesan-pesan moral dalam setiap mengajar.
7. ADMINISTRASI
KESISWAAN
Untuk menunjang kelancaran kegiatan
kesiswaan, perlu dilengkapi administrasi kesiswaan sebagai berikut
:
1. Rekapitulasi
Absen siswa Kesiangan, Izin dan sakit
2. Daftar
siswa mutasi
3. Daftar
siswa pindah ke luar
4. Daftar
Prestasi ekskul
5. Daftar
ranking siswa
6. Daftar
keadaan siswa / Keluar dan masuk siswa
7. Progran
kerja kesiswaan
8. Program
kerja IPNU/IPPNU
9. LPJ
IPNU/IPPNU
10. Program kerja
Ekskul
11. Buku Konseling
siswa
12. Jadwal latihan
ekskul
13. Daftar hadir
peserta ekskul
14. Administrasi
keuangan ekskul
15. Daftar penerima
beasiswa
16. Surat
Dispensasi
17. Surat pengantar
siswa mengikuti suatu kegiatan di luar Madrasah
18. Surat tugas
kepada guru yang membimbing siswa ke luar Madrasah
19. Daftar siswa
yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi
20. Mengadakan
kerja sama dengan pihak luar, Masyarakat/perusahaan.
21. Foto-foto
kegiatan kesiswaan
22. Proposal-proposal
kegiatan siswa.
23. Daftar Alumni
24. LPJ Ekskul
25. Program MOPD
26. Program
Karyawisata
27. Daftar Siswa
Tidak Naik
28. Tata tertib siswa
29. Surat-surat Undangan
dari luar
30. Program PSB
31. Surat-surat
panggilan siswa
32. Daftar Nama siswa
33. Perjanjian siswa
III. PENUTUP
Berbagai macam yang berkenaan dengan kesiswaan sangat banyak dan
bervariasi dari mulai permasalahan siswa hingga peningkatan kualitas
pengembangan diri. Hal tersebut sudah barang tentu memerlukan pemikiran
dan ide kreatif serta kesungguhan yang didasarkan kepada program atau rencana
yang matang. Semoga program yang telah disusun ini akan menjadi acuan
atau pegangan dalam menangani berbagai macam hal berkenaan dengan peningkatan
kualitas siswa , sehingga akan terbentuk siswa yang
cerdas dilandasi dengan budi pekerti luhur serta iman dan taqwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa.